Uncategorized

Metode Penyandian Vegenere

Tehnik kriptografi berikutnya yang dapat diperkenalkan kepada para pemula, anak-anak Pramuka Penggalang ataupun sebagai permainan saat boot champ adalah sistem sandi Vigenère.

Sistem sandi ini pertama kali dipopulerkan oleh Blaise de Vigenère seorang diplomat Perancis pada abad 15, sehingga disebutlah metode ini dengan sistem sandi Vigenère

Sistem sandi Vigenère adalah sistem sandi substitusi multi-alfabet, yaitu sistem sandi Caesar tetapi dengan pergeseran alfabet yang berlainan disesuaikan dengan kata kuncinya.

Yang dimaksud sistem sandi substitusi adalah menyandi dengan cara mengganti huruf-huruf pesan/teks aslinya dengan huruf-huruf sandi. Sistem sandi Caesar dan Viginère termasuk metode sistem sandi ini. Bahkan sistem sandi substitusi merupakan sistem sandi yang dipakai pula dalam kriptografi modern, dengan variasi-variasi yang terus berkembang.

contoh :

kata kunci : MERAPI

pesan asli : SUKSES ADALAH PERMAINAN PIKIRAN

alfabet biasa :

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

alfabet sistem sandi Vigenère dengan kata kunci MERAPI :

M N O P Q R S T U V W X Y Z A B C D E F G H I J K L

E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z A B C D

R S T U V W X Y Z A B C D E F G H I J K L M N O P Q

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

P Q R S T U V W X Y Z A B C D E F G H I J K L M N O

I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z A B C D E F G H

sehingga

S dengan pergeseran M = E; U dengan pergeseran E = Y; K dengan pergeseran R = B; S dengan pergeseran A = S; E dengan pergeseran P = T; S dengan pergeseran I = A; A dengan pergeseran M = M; D dengan pergeseran E = H; dsb….. sampai N dengan pergeseran A = N

pesan tersandi : EYBSTA MHRLPP BIIMPQZEE PXSUVRN

Permainan menemukan pesan tersandi dengan sistem sandi Vigenère sangat menarik dan menantang untuk dilakukan.

kata kunci : LOMBOK

pesan tersandi : MOZEIXR YAUO UPANBBG

kata kunci : BOROBUDUR

pesan tersandi : LFZCUI XHKVY JSNOD

Metode Penyandian One Time Pad (OTP)

Dalam dunia kriptografi dikenal sebuah metode penyandian yang sangat kuat sehingga tidak mudah dipecahkan, yaitu metode penyandian One Time Pad (OTP). Metode penyandian OTP pertama kali diperkenalkan oleh Gilbert Vernam dalam perang dunia pertama.

Metode penyandian OTP merupakan salah satu variasi dari metode penyandian substitusi dengan cara memberikan syarat-syarat khusus terhadap kunci yang digunakan yaitu terbuat dari karakter / huruf yang acak (kunci acak atau pad), dan pengacakannya tidak menggunakan rumus tertentu.

Jika kunci tersebut benar-benar acak, digunakan hanya sekali, serta terjaga kerahasiannya dengan baik, maka metode penyandian OTP ini sangat kuat dan tidak dapat dipecahkan.

Dalam kriptografi klasik, yaitu kriptografi jaman dulu yang dikenal dengan sebutan kriptografi kertas dan pensil, teks sandi dari metode penyandian OTP ini diperoleh dengan menjumlahkan / mengurangkan teks aslinya terhadap kunci. Penggunaan kunci ini hanya dan harus hanya sekali pakai. Sedangkan untuk mendapatkan kembali teks aslinya dilakukan pengurangan / penjumlahan teks sandi terhadap kunci tersebut, sebagai kebalikan dari proses menyandi.

Untuk memudahkan dalam operasionalnya huruf-huruf diterjemahkan dahulu kedalam angka 1 sampai 26 dengan A = 1; B = 2; dst sampai Z = 26. Dan dalam perhitungan aljabarnya berupa bilangan modulus 26.

Untuk memudahkan pemahaman, bisa diperhatikan contoh berikut :

Kunci acak :

FGHJV KVLIH POKNH BESAG VMHBK BLQML OPUTT EXDFJ MIKNY GQDXS EQOIK HYGFB MIUYW UIOVC FDWUM KJLOK BTYVG KJABH SVQCG NBCVG FSJFJ HOSHZ VBQNZ BXCMS GDUFO GWZMF IPMSA BNAPD QWMOC PAJSB MSGYQ KWNAY ZHALU

Pesan yang akan disandi :

DUNIA TELAH SEMAKIN DATAR MAKA BELILAH TV LAYAR DATAR

Algoritma : Teks sandi = Teks asli + Kunci

Proses :

Penjumlahan ini dengan bilangan modulus 26

K : F= 6 G= 7 H= 8 J=10 V=22 K=11 V=22 L=12 I= 9 H= 8 P=16 O=15 K=11

TA : D= 4 U=21 N=14 I= 9 A= 1 T=21 E= 5 L=12 A= 1 H= 8 S=19 E= 5 M=13

TS : J=10 B= 2 V=22 S=19 W=23 F= 6 B= 2 X=24 J=10 P=16 I= 9 T=20 X=24 DST

K : N H B E S A G V M H B K B L Q M L O P U T T E X D F J M I K N Y

TA : A K I N D A T A R M A K A B E L I L A H T V L A Y A R D A T A R

TS : O S K S W B A W E U C V C N V Y U A Q C N P Q Y C G B Q J E O Q

Teks sandi hasil penyandian :

JBVSW FBXJP ITXOS KSWBA WEUCV CNVYU AQCNP QYCGB QJEOQ

Metode penyandian OTP ini kekuatannya bertumpu pada keacakan kuncinya, sehingga kunci yang digunakan untuk proses penyandian tersebut harus dilindungi dengan baik. -antz-

Web Refrensi : https://www.budiluhur.ac.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *